Saluran Air Jl Karet Pasar Baru Timur 1 Dinormalisasi

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat menormalisasi saluran air di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1, RT 13/08, Kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang. Normalisasi dilakukan dengan pembuatan saluran baru sebagai sodetan apabila terdapat genangan air Jalan Abdul Jalil.

Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat, Achmad Daeroby mengatakan, pembuatan saluran baru ini merupakan salah satu pengendali banjir yang kerap terjadi di Jalan Abdul Jalil, terutama saat hujan deras. Pembuatan saluran baru ini dilakukan sepanjang 1143 meter dengan lebar 1,2 meter dan kedalaman 2,5 meter.

"Lokasi ini usulan langsung dari Wali Kota Jakarta Pusat sebagai upaya mengatasi genangan di wilayah Karet Tengsin," ujar Achmad

Menurutnya, pengerjaan pembuatan saluran air baru ini sudah dilakukan sejak satu bulan lalu dan ditargetkan rampung akhir bulan Desember mendatang. Pihaknya mengerahkan 20 personel dengan peralatan manual seperti cangkul, linggis, ember, breaker, godam, dan karung plastik.

"Pengerjaan sempat terkendala oleh banyaknya kabel utilitas yang berada di bawah saluran," tandasnya.

Ditambahkan Achmad, hingga kini pengerjaan pembuatan saluran baru tersebut sudah mencapai 9,6 meter atau sekitar 15 persen. Pihaknya berharap dengan normalisasi saluran tersebut dapat meminimalisir genangan yang kerap terjadi di Jalan Abdul Jalil.